Beranda » 5 Tips Liburan ke Korea Selatan Saat Musim Dingin

5 Tips Liburan ke Korea Selatan Saat Musim Dingin

Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang bisa jadi alternatif deket-deket sini untuk menikmati empat musim selain gerah dan becek di Jakarta (Indonesia, pada umumnya, maybe?). Di musim semi di Korea juga tumbuh bunga sakura. Di musim gugur ada banyak spot yang menawarkan barisan pepohonan dengan daun yang berubah warna dan berguguran kayak di film India. Di musim dingin salju turun dengan senang hati di negara ini, terutama kawasan Pyeongchang yang tahun ini jadi tuan rumah Winter Olympic 2018. Tapi katanya jangan datang di puncak musim panas karena panasnya lebih menyiksa dari panas Jalan Margonda.

5 Tips Liburan ke Korea Selatan Saat Musim Dingin

Biasanya musim dingin dimulai bulan Desember. Biasanya bulan Desember yang ditunggu-tunggu adalah first snow-nya. Hari-hari bersalju biasanya terjadi di Januari sampai Februari. Tapi walaupun begitu, suhu dinginnya sudah tidak wajar.

Jalan-jalan ke negara yang sedang mengalami musim dingin tentu saja ada “senjata” yang harus disiapkan. Beberapa yang sudah pasti harus dibawa adalah: jaket tebal, syal, sarung tangan. Semua itu pasti adalah yang pertama kali kepikiran. Tapi ada lima hal lagi yang juga harus Anda siapkan kalau Anda mau melakukan perjalanan saat Musim Dingin ke Korea Selatan:

1. Long john/heattech.

Long John / Heattech untuk berlibur ke Korea saat musim dingin

Siapa sih yang nyaman pakai jaket yang terlalu tebal apalagi sambil jalan? Di Jakarta biasanya pakai baju tipis aja udah panas minta ampun. Kalau tidak mau kerepotan dengan jaket yang terlalu tebal dan mengganggu pergerakan, jangan lupa untuk bekal long john. Buat yang belum tahu, long john ajalah semacem baju dan celana dalam (ketat dan nempel di kulit) yang punya kemampuan untuk menghangatkan. Di Uniqlo biasanya disebut heattech. Kalau pakai ini, semakin aktif bergerak maka akan semakin hangat.

Dengan menggunakan long john Anda jadi tidak harus pakai baju berlapis-lapis. Paling banter tiga lapis juga udah hangat (long john, sweater, jaket tebal). Long john juga ada tingkat kehangatannya. Ada yang sekedar hangat, ada yang hangat banget untuk kondisi cuaca dingin yang ekstrem. Jadi jangan salah beli karena harganya cukup mahal juga. Dan sebelum beli lihat-lihat dulu cuaca di negara tujuan melalui AccuWeather.

Tips: beli long john-nya di Korea aja. Lebih murah dari Uniqlo di sini. Jadi betah-betahin dulu beberapa jam kedinginan sampai nemu jual long john. Di kawasan Myeongdong/Namdaemun banyak kok.

2. Sebaiknya bawa berapa coat/jacket?

Jaket berlibur ke Korea Saat Musim Dingin

Karena musim dingin, kita nggak akan terlalu berkeringat meski sedang aktif bergerak. Jadi t-shirt yang dipakai nggak akan cepat bau. Lagipula sudah ada long john yang melapisi bagian dalam sebelum t-shirt. Bawa t-shirt seminimal mungkin. Semisal untuk perjalanan selama 10 hari kayak gue kemarin, tiga t-shirt sudah cukup. Satu buat tidur, dua buat jalan. Kalau sudah waktunya ganti, langsung dicuci aja supaya bisa dipakai lagi ketika t-shirt kedua juga sudah harus diganti. Cari hostel atau hotel yang punya fasilitas laundry (biasanya cuma KRW 2000 sekali cuci, sebanyak-banyaknya). Atau bisa ke laundry coin terdekat kalau mau agak repot.

Nah ruangan kosong di koper bisa diisi dengan coat atau jacket deh. Atau kalau mau lebih enak lagi, bawa satu aja dari rumah. Nanti sisanya beli di sana. Ada banyak diskon buat coat dan jaket musim dingin di sana.

3. Earmuffs (penutup kuping) akan jadi penyelamat lo selama perjalanan.

Penutup Kuping Saat Berlibur di Korea Pada Musim Dingin

Musuh terberat saat berlibur ke Korea saat musim dingin adalah angin. Kalau sedang salju atau hujan biasanya nggak akan dingin tapi kalau angin sudah berhembus, siapkan saja semua kata-kata umpatan. Dinginnya tuh amit-amit! 

Jangan beli di Myeongdong ya. Mahal! Cari Daiso terdekat dan beli di situ aja karena harganya cuma KRW 2000.

4. Pelembab, krim tangan, lipbalm.

Dua hari jalan tanpa lipbalm, bibir pecah-pecah banget dan berujung jadi kayak sariawan. Sakit. Perih. Nggak enak banget waktu makan. Apalagi makan tteokpokki yang berbumbu pedas gitu. Muka pun kemudian jadi kering banget. Terkelupas. Ada bagian-bagian yang mendadak jadi kelihatan putih karena kulitnya udah kering. Belum lagi tangan! Walaupun sudah pakai sarung tangan dan selalu pakai jaket, tapi tetap bisa jadi kering dan kalau digaruk gitu kulitnya bakalan bisa bikin salju sendiri. 

Jadi itu benda-benda yang gue sebutkan di poin nomor 4 adalah esensial banget. Jangan bawa dari rumah kalo ini mah. Beli di sana aja. Kan Korea surganya kosmetik. Kecuali lipbalm mungkin karena kecil dan nggak akan bermasalah kalau misalnya dikantongin

5. Low budget tapi sediakan juga budget buat belanja daripada nyesel.

Ini sih tantangan terberat kalau jalan-jalan ke Korea. Biasanya kalau winter akan banyak banget winter sale. Apalagi kalau buat lo yang suka koleksi sepatu. Wah kalau tidak bawa budget untuk belanja pasti akan gondok. Toko sepatu seperti ABC Mart di Korea Selatan selalu ada diskon besar. Dan kalau beruntung malah bisa dapat sepatu last item dengan harga yang luar biasa murah.

Sebagai ilustrasi, sepatu Vans yang harga normalnya kalau di Indonesia di kisaran Rp 1,5 jutaan kalau sedang diskon di sana harganya bisa jadi cuma Rp 250 ribuan. Nggak cuma Vans, sepatu-sepatu seperti Adidas dan Nike juga banyak diskonannya. Daripada pulang dengan penyesalan, bolehlah satu atau dua sepatu diskon dimasukin ke koper. Tapi kardusnya dibuang aja supaya nggak makan tempat.

sumber artikel

Share This Post
Have your say!
00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>